17 Juli 2024

WISUDA SOTH (SEKOLAH ORANG TUA HEBAT) BERLANGSUNG SAKRAL

Selama 1 kali sosialisasi dan 13x pertemuan, diawali dengan pertemuan awal kemudian tentunya banyak informasi sekaligus ilmu penting yang didapatkan peserta SOTH. Antara lain tentang :

 

1. Perencanaan Hidup Berkeluarga

2. Memahami Konsep Diri yang Positif dan Konsep Pengasuhan

3. Peran Orangtua dan Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan

4. Menjaga Kesehatan Anak Usia Dini

5. Pemenuhan Gizi Anak Usia Dini

6. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

7. Stimulasi Gerakan Kasar dan Gerakan Halus

8. Komunikasi Aktif, Komunikasi Pasif dan Kecerdasan

9. Menolong Diri Sendiri Dan Tingkah Laku Sosial

10. Pengenalan Kesehatan Reproduksi pada Anak Usia Dini

11. Perlindungan dan Partisipasi Anak

12. Menjaga Anak dari Pengaruh Media

13. Pembentukan Karakter Anak pada Usia Dini

Adapun kader BKB 10 orang pokja 2 pkk desa Ngancar  5 Orang, dan peserta SOTH ada 26 orangtua yang memiliki balita. Kegiatan ini berlangsung satu kali dalam satu minggu terdiri dari Penyampaian Materi Pembelajaran, Pemeriksaan Kesehatan, Praktek Keterampilan, Senam, Permainan dan lain-lain Fasilitator berasal dari berbagai unsur yaitu Camat, PLKB, Kepala Sekolah, Nakes, Pendidik Dalam kepengurusan di Kecamatan, Camat sebagai Penasehat, OPD KB sebagai Penanggungjawab, Penyuluh KB sebagai Koordinator, Kepala desa sebagai Kepala Sekolah, Wali Kelas, Ketua Kelas dan Wakil Ketua Kelas. Serta Fasilitator diambilkan dari Kader BKB yang sudah dilatih oleh BKKBN, yang mendapat apresiasi sebagai COE (centre of excellent).

Suksesnya Program SOTH di Desa Ngancar tidak lepas dari peran dan dukungan mitra serta lintas sektor terkait. Komitmen dan dukungan Kepala Desa Ngancar serta jajaran terkait, Peranan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Ngancar dan jajarannya, penyuluh keluarga berencana dan kader menjadi kunci sukses dalam aktualisasi program SOTH, dan keterlibatan aktif serta kolaborasi multisektor termasuk di dalamnya peran serta masyarakat.

 

dan selanjutnya, Pj Kadin P2KBP3A Kabupaten Magetan mewisuda 26 orang yang telah mengikuti program Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) secara aktif.

 

Turut hadir dalam acara Camat Plaosan Bapak Dian Maheru beserta Istri sebagai Ketua TP PKK Plaosan, hadir pula perwakilan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kec. Plaosan Ibu Uswatun Khasanah, Perwakilan dari kecamatan Plaosan, Kepala Desa Ngancar, Ketua TP-PKK Desa Ngancar, Tim Fasilitator SOTH, Kader Bina Keluarga Balita (BKB) dan , Bidan Desa.

 

Bapak Dian Maheru mengucapkan selamat dan merasa bangga kepada wisudawati yang telah lulus mengikuti program SOTH desa Ngancar

 

Sebagai Informasi bahwa akan dibuka lagi SOTH standart 2, harapan semoga bisa berjalan efektif, kondusif , dan peserta bisa aktif. serta bermanfaat ilmu yang didapat.

SARNI, ST (KEPALA DESA)    SAELAN (KAUR TATA USAHA & UMUM)    KOSO (KASI PELAYANAN)    YATNO (KASI KESEJAHTERAAN)    MARDI (KAUR PERENCANAAN)    AGUS SUWANDONO (KAMITUWO CEMOROSWU)    EKO PRASETYO (KAMITUWO NGANCAR)    KARMINI (KAUR KEUANGAN)    RIZA NIPA PRATININGSIH (STAFF)    DIDIK RIYANTO TAUFIK UMAR (KASI PEMERINTAHAN)    AGUS SULISTIONO, S.H (SEKRETARIS DESA)