29 Desember 2020

PENYEPAKATAN APBDES DESA NGANCAR TAHUN ANGGARAN 2021

tanggal 14 desember 2020 di balai desa Ngancar diselenggarakan kegiatan musdes penyepakatan APBDES 2021. Acara yang sedianya dimulai pukul 09.30. Hadir sebagai peserta dalam musdes penyepakatan APBDes ini yaitu perangkat desa, anggota BPD, Ketua RT/RW, TP PKK Desa Ngancar, Posyandu Desa Ngancar, perwakilan Linmas dan perwakilan pengurus BUMDes. Selain itu hadir pula sebagai undangan yaitu Camat Plaosan, Danramil Plaosan, Kapolsek Plaosan, tim evaluasi APBDes dari kecamatan Plaosan, para pendamping desa, babinsa dan bhabinkamtibmas. 

 Sebelum pelaksanaan musdes, Kepala Desa Ngancar dan Camat Plaosan memberikan sambutan terlebih dahulu. Dalam sambutannya kepala desa Ngancar menyampaikan bahwa pelaksanaan musdes telah melalui tahapan yang bekelanjutan. Dimulai dari penjaringan aspirasi masyarakat melalui musdus untuk penyusunan rencana kerja tahun 2021, penyusunan RKP, musdes penyepakatan RKP desa 2021, penyusunan APBDes, musdes pra APBDes dan terakhir pelaksanaan musdes penyepakatan APBDes yamg diselenggarakan pada malam itu. Sedangkan Camat Plaosan dalam sambutannya menyampaikan bahwa, dana yang dikelola oleh Desa dalam APBDes harus benar-benar tepat sasaran. Harus dipastikan bahwa penerima manfaat dari anggaran setiap kegiatan adalah warga Desa Ngancar. Bapak Camat juga menyampaikan bahwa anggaran yang digunakan untuk membiayai kegiatan harus bisa membuat Desa kedepannya menjadi mandiri dan tidak lagi bergantung pada dana desa.

 

Sekitar pukul 10.00 musdes dimulai dan dipimpin langsung oleh ketua BPD. Yang menarik adalah ketika rancangan APBDes telah disepakati oleh para peserta musdes,  ketua BPD memukul kentongan yang telah disediakan di samping meja pimpinan musdes. Pemukulan kentongan sebanyak tiga kali ini adalah simbol atau tanda bahwa kesepakatan telah tercapai.

 

SARNI, ST (KEPALA DESA)    SAELAN (KAUR TATA USAHA & UMUM)    KOSO (KASI PELAYANAN)    YATNO (KASI KESEJAHTERAAN)    MARDI (KAUR PERENCANAAN)    AGUS SUWANDONO (KAMITUWO CEMOROSWU)    EKO PRASETYO (KAMITUWO NGANCAR)    KARMINI (KAUR KEUANGAN)    RIZA NIPA PRATININGSIH (STAFF)    DIDIK RIYANTO TAUFIK UMAR (KASI PEMERINTAHAN)    AGUS SULISTIONO, S.H (SEKRETARIS DESA)